♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Selasa, 06 September 2016

Virus Zika

Hi readers.. how are you? I hope you are will be fine. Guys.. does you know Zika? Virus yang sedang mewabah di beberapa negara termasuk Indonesia. Virus Zika ini dinyatakan darurat kesehatan masyarakat dunia. Sebab virus inilah yg bisa mengakibatkan sindrom guillain-barre yg bisa menimbulkan lumpuh sementara.

Zika virus disease is caused by a virus transmitted primarily by Aedes mosquitoes.People with Zika virus disease can have symptoms including mild fever, skin rash, conjunctivitis, muscle and joint pain, malaise or headache. These symptoms normally last for 2-7 days.There is scientific consensus that Zika virus is a cause of microcephaly and Guillain-Barré syndrome. Links to other neurological complications are also being investigated.

Asal muasal Virus Zika
Zika pertama kali diidentifikasi pada kawanan monyet di Uganda tahun 1947. Tahun 1977-78 ada di Pakistan, malaysia, Indonesia.
Namun saat itu kasus yg terjadi masih berskala kecil.
Virus Zika ditemukan kembali pada nyamuk Aedes Africanus di hutan yg sama pada tahun 1948 dan pada manusia di Nigeria tahun 1954. Virus Zika menjadi penyakit endemis dan mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia pda tahun 2007 di wilayah Pasifik Selatan. Mei 2015, virus ini kembali merebak di Brazil, penyebaran virus ini terrjadi Januari 2016 di Amerika Utara, Amerika Selatan, Karibia, Afrika, dan Samoa (Oceania) . Di indonesia sendiri telah ditemukan virus Zika di Jambi pada tahun 2015.

Penyebaran Virus Zika ataupun demam Zika oleh nyamuk. Aedes yg terinfeksi setelah menggigit penderita yg telah memiliki virus tersebut. Nyamuk ini sangat aktif di siang hari dan hidup serta berkembang biak di dalam maupun luar ruangan yg dekat dgn manusia, terutama di area yg terdapat genangan air.

Gejala orang yang terpapar virus zika yaitu diantaranya :
demam ringan
Mata merah dan iritasi
Sakit kepala
Sakit pada persendian
Ruam

Beberapa dokter mengatakan virus zika ada hubungannya dgn penyakit saraf langka yaitu Sindrom Guillain-Barre yg bisa menimbulkan lumpuh sementara. Hingga saat ini belum ada obat/vaksin yg bisa menyembuhkan virus Zika. Pasien yg terkena virus ini hanya dianjurkan istirahat dan banyak minum cairan. Akan tetapi kekhawatiran terbesarr adalah imbas virus Zika terhadap janin di kandungan krna bisa menyebabkan pengecilan otak atau Microcephali. So does you know Mikrosepali guys?
Mikrosepali adalah suatu kondisi seorang bayi yg lahir dgn kepala kecil karena otak mereka tidak berkembang sepenuhnya dalam kandungan. Ini bisa jadi yg mematikan bila otak sang bayi sangat tidak berkembang dan tdk dapat mengatur fungsi2 vital di dalam tubuh. Beberapa bayi yg meninggal karena memiliki virus zika di dalam otak, bahkan virus itu dideteksi di dalam plasenta dan air ketuban. Kalaupun ada bayi yg selamat dari mikrosepali mereka biasanya menghadapi disabilitas intelektual dan penundaan perkembangan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here