♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Rabu, 21 September 2016

Jenis Olahan Kopi

Hy guys... duh udara di luar so cool.. jadi saya berniat membuat kopi dan sekaligus ingin share sama kalian beberapa olahan kopi yang wajib kita tau terutama buat kalian Coffee Holic seperti saya... yuks chek this out.. 😉

Expresso
Kopi ini dibuat dengan mesin brewing khusus. Kopi ini terlaris di coffee shop, padahal rasa nya kurang nikmat di lidah bagi yg belum terbiasa menikmatinya. Karena tidak manis, dan terbuat dari ekstrak kopi. Espresso memiliki kadar caffein yg paling tinggi Itulah kenapa takarannya selalu disajikan sedikit.

Latte
Terbuat dari paduan susu kental dua pertiga dan satu pertiga espresso ditambah sedikit foam 5-10 cm. Kopi ini disajikan dengan ukiran-ukiran dari susu kental diatas expresso dikenal dengan nama Latte Art. Bahkan tahun 2015 Latte Art diperlombakan. Di Amerika kopi ini paling digemari loh.. tapi hati2 jika kalian melancong ke Italy, memesan Latte artinya kalian memesan susu, tapi bukan susu murni yah..

Macchiato
Kopi ini disajikan dari espresso ditambah sedikit susu (steamed milk) yg tidak diaduk namun diendapkan di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yg sedikit). Beda dengan capucino, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan ukuran tipis. Selain sedikit susu (steamed milk) kadang digunakan milk foam. Hal ini untum menandai bahwa kopi mengandung susu. Nama kerennya biasanya espresso macchiato.

Flat White
Meski hampir sama dengan Latte, Flat White menggunakan rasio susu lebih banyak dari latte disajikan hampir tanpa foam, bagian atasnya terdapat krema kopi dan foam. Flat white lebih kuat dari segi rasa dibanding latte, dan lebih lembut dari cappucino.

Cappucino
Jenis kopi yang paling ramah di lidah ini memiliki 3 komposisi utama yaitu espresso, susu (steamed milk), busa (foam) biasanya foamnya tidak setebal latte, hanya 2cm. Kopi yang juga paling populer di dunia ini biasanya ditaburi coklat granule diatasnya. Ini salah satu ciri khas Cappucino.

Masih banyak jenis kopi lain nya seperti Long Black (espresso encer),Frappucino, AmericanoKopi Luwak, Irish Coffe,Ristretto,Cortado,Red Eye, Arabica Coffe, Yuanyang ,Affogato , dll. Hanya saja kopi yang saja perjelas diatas yang lebih sering dan popular dan termasuk dari pokok racikan sebuah hidangan kopi. So.. what kind of coffee you want drink to??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here