♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Rabu, 15 November 2017

GERD

To Be Health Is Expensive .  .

Aku melempar tubuhku ke kasur, memegangi perut dan dadaku. This is the first time for me. Sakit sekali rasanya..perutku melilit, dadaku terasa panas, tenggorokan pun panas, kelenjar keringat dingin mulai bercucuran keluar dari lapisan epidermis ku, nafas ku terengah-engah. Mungkin ini yang paling menyakitkan, sebelumnya aku hanya merasakan nyeri di ulu hati dan sesak.
Aku ingat kata-kata dokter spesialis. "Asam lambungnya naik keatas. Jadi harus hati-hati jaga makanan ya.. tonsilitis kamu juga perlu dikontrol. Kalau tidak nanti semakin besar dan meradang."
Aku makan malam di warung pecel ayam saat itu. Hujan-hujan makan daging ayam yang digoreng kering lengkap dengan nasi panas, tahu, lalaban, kemangi yang paling aku suka, san gak ketinggalan sambal ulek hijau andalan warung pecel itu. Warung pecel itu ramai karena sambalnya yang sangat enak. Tapi aku tak berani menyentuhnya. Kelenjar saliva ku hampir turun keluar dari bibir tergoda akan wanginya. Ahh..tapi Tonsilitis Kronik yang sudah terdiagnosa untukku akan meradang jika memakannya. Belum lagi gastritis ku. Akhirnya aku hanya memakan ayam dan teman-temannya. Setelah itu aku pulang dan membersihkan tubuhku. Sebelumnya aku minum susu yang ada di kulkas. Tak lama kemudian aku tiba-tiba merasakan itu.
Sehari sebelum kejadian ini aku mendatangi dokter spesialis THT untuk memeriksa Tonsil ku. Dan ternyata ada diagnosa lain yang diberikan. Asam lambung yang ku derita menjadi GERD. Does you know about it ?
Guys.. GERD adalah Gastro Esophagial Reflux Desease yaitu dimana asam lambung yang seharusnya tertahan hanya di sekitar lambung atau tetap ada di area perut di bawah diafragma, naik ke atas. Sehingga aktivitas organ lain terganggu karena asam lambungnya. Asam lambung kita pH nta sangatlah tinggi. Memiliki pH 2. Seperti HCl (Hidrokloride). Maka jika kita terus makan makanan asam, semakin meningkat kadar asam tersebut karena bukan nya menetralkan malah menambah kadar asamnya. Jika sudah seperti ini pemulihan bisa dilakukan dengan minum obat therapy per oral atau suntik injeksi (iv/im). Atau bisa juga di infus karena sudah dehidrasi akibat reaksi mual dan akhirnya muntah-muntah. Teman.. hidup sehat itu mahal, sangatlah mahal. Berbahagialah jika kalian selalu diberi nikmat sehat oleh Sang Pencipta Allah.SWT tetap jaga diri dann tubuh itu karena kita tidak tahu kapan harus sakit. Syafakallah adalah ucapan yang tepat jika ada muslim yang terkena musibah karena suatu rasa sakit lahirnya. Semoga Allah mengangkat rasa sakitnya, dan menggugurkan setiap dosa yang telah diperbuat.
Terima kasih untuk dokter dan teman yang telah menolongku saat itu. Terimakasih untuk kamu.. suporter hidup saat ini dan semoga seterusnya.. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here