♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Kamis, 12 November 2015

Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ayah Nasional

Nite guys.. Selamat Hari Kesehatan Nasional yaa .. Maaf sebelumnya postingan ini harus saya post malem2 banget. Mungkin ada yang udah tidur, ada yg mau tidur, ada juga yg belum bisa tidur seperti saya. Buat kalian yg belum bisa tidur, boleh ikut gabung di radio sekian FM untuk dengerin lagu orang lain, lumayan kalo buat nemenin galau nya karna insom, ditambah diluar hujan, dingin. hehehehe apa sih ya.. #intermezo boleh diabaikan saja BBB ini alias Basa Basi Belaka.
By the way, bener juga sih, diluar lagi ujan nih dari sore ga berhenti. (Serpong-tangerang) barakallah alhamdulillah dikasih ujan. Siang panas nyebret, sore sampe malemnnya dikasih hujan. Mungkin buat yg Kerja atau kuliah berangkat atau pulang malem musti savety ya, yg bawa kendaraan motor, pake helm bawa STNK terus pergi deh yg jauh heheehe engga ketang, ini mungkin sedikit tipsnya :
1. Bawa raincoat alias jas ujan.
2.Bawa jaket/sweater
3. Bawa sendal atau jangan pake sendal tinggi/heels buat kalian cwek.
4.Bawa kanebo alias lap cepat serap air.
5. Kalau motor sudah kena air hujan, usahakan untuk di lap/dicuci, karna air hujan mengandung CO3COOH yg bisa membuat bag body motor mudah berkarat kalo tidak dikeringkan.

Buat yg bawa mobil :
1. Bawa payungg
2. Bawa sendal jepit
3. Bawa kanebo juga
4. Ga usah bawa motor hehehe

Tips buat yg jalan kaki alias nyeker, cukup bawa payungg dan ga usah pake helm ;)

Nah itu dia tadi sekilas tips2 yg boleh dicoba saat musim hujan. Tapi ngomong2 sebenernya ini masih dalam tahap Pancaroba, dimana kemarau dan penghujan masih silih berganti. Yah kayak gini siang panas banget, malem ujannya gede banget. Musim pancaroba ini biasanya mengakibatkan beberapa penyakit muncul. Sepeti CC alias common cold, febris alias flu , myalgia alias sakit badan, rhematoid artritis alias reumatik, DBD alias demam berdarah, hipertensi alias darah tinggi (yg ini kyaknya ga nyambung sih hahahah). Beberapa penyakit bisa datang saat musim seperti ini, apalagi kalo kita ga bisa jaga kondisi. Imun sedang menurun, Kepanasan, kecapean, keujanan. Alhasil kalo terus2an begini kita pasti membutuhkan tenaga medis. Nah di Hari Kesehatan Nasional ini aku tadi udah share sedikit yah soal musim pancaroba dan beberapa Deases yg biasanya timbul di musim itu. Oiya, aku juga mau kasih berita sedikit nih hasil broadcast tadi dari salah satu dokter di Puskesmas ku, ternyata di HKN ini kita harus kehilangan seorang dokter muda yg sedang menjalani intership di RSUD Dobo Kep Aru, Papua. Dia meninggal dunia akibat Malaria Celebral, does you know what it is Malaria Celebral? Malaria Celebral adalah satu penyakit mematikan yang melibatkan manifestasi klinis dari Plasmodium Falciparum yg mempengaruhi perubahan pada status mental dan bisa mengakibatkan koma. Malaria Celebral disebut juga penyakit otak akut yg tersebar luas ditandai oleh demam. Jika penderita tidak segera dilakukan pengobatan maka 24 sd 72 jam penderita bisa meninggal. Gejalanya biasanya ditandai dgn kesadaran yg lemah serta demam yg tidak spesifik, kejang2 dan defek (defesit) neurologis. Secara umum koma yg menetap yg diawali neurosable dan kemudian unrousable. Pengobatan yg pasti belum ditemukan, namun umumnya masih bisa menggunakan kina. Tapi tidak untuk yg resisten dengan chloroquine. Biasanya pencegahan bisa ditangani dengan Kemoterapi.
Kita berdoa semoga perjuangan seorang dokter muda yang hendak berjuang untuk profesi yang mulia ini bisa dibalas oleh Tuhan YME amin. Dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan.
Selain itu di kota Batu Malang, seorang dr di puskesmas mengadakan Baksos alias Bakti Sosial untuk memperingati HKN ini. Dan saya sebagai asisten apoteker merayakan nya dengan mengawali sarapan sehat di HKN ini hihihi

Bertepatan HKN , 12 November juga diperingati dengan Hari Ayah Nasional. Meskipun tidak sebooming dengan Hari Ibu pada 22 Desember, hari ayah tetap dimeriahkan oleh beberapa anak2 dan para ayah. Kenapa sih harus ada Hari Ayah? Karena eh karena sebagai wujud tanda terima kasih kita terhadap sosok Ayah yg selalu menemani kita, menjaga kita, dan memberi nasehat kepada kita. Agar kelak kita tidak menjadi seorang apa yg tidak Ayah inginkan.
Hari Ayah lahir dari prakarsa sebuah komunitas lintas agama pada 2006 silam. Uniknya para pemrakarsa Hari Ayah Nasional bukanlah seorang kaum ayah melainkan para ibu. Pada 12 November 2006 para perempuan yg tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah di Pendopo Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Seperti dikutip dari laman Sumenep, go.id, Rabu (12/11/15) deklarasi juga digelar bersamaan oleh beberapa anggota PPIP lainnya di Maumere, Flores, NTT. Usai deklarasi mereka mengirimkan piagam dan Buku kepada mantan Presiden RI SBY dan 4 bupati.
Di sejumlah negara Eropa dan juga Timur Tengah, Hari Laki-laki atau Men's Day diperingati tiap bulan November tanggal 19, beda seminggu sih ya sama kita. Sedangkan di Serbia Hari Ayah diperingati setiap tanggal 6 Januari. Di Korea Selatan 8 Mei. Lain hal dengan AS, Jepang dan India, negara ini memperingatinya setiap pekan ketiga pada bulan Juni.
Nahh guys.. hal spesial apa yg sudah kalian beri untuk Ayah hari ini? Boleh dishare 😊

Ok, mungkin segini dulu aja share dari aku malam ini.. Thanks for Read.. and view my blogg 😊😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here