♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Rabu, 23 Maret 2016

Jantung Buatan Manusia

Assalamualaikum semuanya.. udah pada solat magrib? Sok yang belum silahkan tunaikan kewajiban dahulu, lalu silahkan bebas untuk menyimak postingan saya :)

Guys, sore ini aku pengen bahas tentang Jantung Buatan Manusia yang kabarnya telah sedang di desain di Laboratorium. ok guys, berikut pembahasannya,

Saat ini ada ribuan orang di dunia yang mesti hidup dengan jantung tak sempurna serta kekurangan donor jantung untuk dapat bertahan hidup. Menciptakan jantung di laboratorium telah menjadi impian bagi banyak tenaga medis.
Kabar terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation Research menyebutkan kalau impian tersebut telah satu langkah lebih dekat dengan kenyataan. Satu tim peneliti berhasil menumbuhkan atau menciptakan jantung manusia di laboratorium dengan memanfaatkan stem cell alias sel punca.
Masalah utama dalam transplantasi jantung, selain kurangnya donor, adalah bahwa ada kemungkinan bahwa tubuh penerima menolak organ baru. Sistem kekebalan tubuh mereka akan mengira jaringan asing tersebut sebagai ancaman, lalu menyerang dan menghancurkannya. Satu-satunya cara untuk menghentikan hal tersebut adalah dengan menekan sistem kekebalan tubuh dengan obat-obatan.
Sayangnya, cara tersebut hanya berhasil dalam beberapa kasus. Untuk penelitian tersebut, 73 jantung manusia yang dianggap tak cocok untuk transplantasi direndam dalam sebuah larutan.
Dalam larutan itu nantinya sel-sel yang terprovokasi akan merusak diri mereka sendiri. Hingga akhirnya tersisa sel punca, lengkap dengan pembuluh yang rumit. Sel ini nantinya siap menjadi pondasi untuk sel-sel jantung yang baru.
Sel punca memiliki kemampuan untuk menjadi hampir semua jenis sel dalam tubuh, termasuk tulang, saraf, dan bahkan otot jantung. Sel punca yang diinduksi sedemikian rupa dalam laboratorium nantinya tumbuh menyerupai jantung sesungguhnya. Setelah diberi kejutan listrik, jantung benar-benar bisa bekerja.
"Di antara langkah-langkah selanjutnya, kami tengah memperbaiki metode untuk menghasilkan sel-sel jantung yang lebih baik," kata Jacques Guyette, peneliti biomedis di MGH Pusat Regenerative Medicine, seperti dikutip dari iflscience, Selasa (22/03/2016).

So guys.. kita semua patut bersyukur karna masih memiliki Jantung buatan Allah.swt Tuhan kita the One and Only. Meskipun  ada jantung buatan manusia, menurutku Jantung buatan Tuhan lah yang paling sempurna.
So guys, keep healt! Keep healty our heart!



sumber :  Yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here