♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Kamis, 24 Maret 2016

Bandung Lautan Api

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, dirinya tengah berupaya agar tanggal 24 Maret bisa ditetapkan sebagai hari peringatan peristiwa Bandung Lautan Api di tingkat nasional.

Salah satu upaya yang dilakukan Emil adalah dengan menempuh proses politik melalui Kaukus Anggota DPR RI Bandung-Cimahi yang diketuai oleh Popong Otje Djundjunan.

"Kita sudah komunikasikan dalam Kaukus Politik DPR ini. Sudah dititipkan program yang selama ini proses politiknya tersendat. Pengajuan Bandung Lautan Api sebagai sebagai hari nasional tidak bisa hierarkis vertikal saja, harus ada dukungan politik," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (23/3/2015).

Emil menambahkan, dengan dilemparkannya wacana tersebut, Emil berharap para anggota DPR RI dari wilayah Bandung Cimahi ini bisa membawa wacana tersebut ke level yang lebih tinggi.

"Mudah-mudahan dengan kaukus politik ini Bandung Lautan api ini bisa dapat argumentasi yang baik dan diwujudkan," ucapnya.

Emil menilai, peristiwa Bandung Lautan Api sudah pantas diperingati secara nasional. Pasalnya, masyarakat Bandung telah memberikan pengorbanan berupa harta hanya agar tidak dikuasai penjajah.

"Yang membuat sulit Bandung Lautan Api jadi peristiwa nasional adalah masalah persepsi. Orang memandang kalau itu hanya peristiwa lokal. Tapi levelnya menginspirasi nasional atau tidak itu yang menjadi perdepatan," tuturnya.

"Kalau argumentasi saya tidak ada pengorbanan terbesar dalam sejarah republik ini dari sisi masyarakat kecuali Bandung Lautan Api. Coba rumah sekarang disuruh dibakar. Pasti enggak mau. Tapi orang tua kita tidak berpikir dua kali," tambahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here