♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Senin, 06 Juni 2016

Jam Tubuh Manusia

Morning guys.. udah pada sahur kan?? Lagi stalking salah satu akun sosmed tadi, eh terus baca tentang Rhytm of Body Time. Jadi langsung pengen aku share, info nya lumayan banget buat kalian nih.. apalagi pas kebetulan lagi bulan puasa gini.. ok deh guys chek this out..

Pada saat manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari hampir 100.000.000.000 sel. Masing-masing merupakan bagian sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Sistem organ tubuh termasuk: kardiovaskular,kekebalan tubuh, pencernaan,pernapasan, ekskresi, perkemihan,muskuloskeletal, saraf, endokrin, danreproduksi.

Do you know? tubuh manusia memiliki jam-jam piket yang secara bergantian memaksimalkan kinerjanya. Dalam ilmu China pengetahuan jam piket tubuh ini dikenal dengan nama Zi Wu Liu Zhu.

JAM

ORGAN

07.00- 09.00
LAMBUNG
Upayakan sarapan yang dibutuhkan bagi proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan terlalu berat. Makanlah secukupnya hingga lambung tidak kelewat diforsir. Dengan demikian, saat waktu  kerja lambung melemah, masih tersedia energi yang tersisa.

09.00 - 11.00
LIMPA
Limpa bertugas mengubah cairan nutrisi menjadi energi/tenaga untuk beraktivitas.

Manfaatkan tenggang waktu ini untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Bila yang bersangkutan pada tenggang waktu ini mengantuk, berarti fungsi limpanya lemah.

11.00 - 13.00
JANTUNG
Untuk memaksimalkan kerja jantung, istirahatlah di jam-jam ini, cukup 20 menit. Hindari panas dan olah fisik pada rentang waktu ini.

13.00 - 15.00
USUS KECIL
Di rentang waktu ini penyerapan usus kecil sedang maksimal.

Bila kerjanya tidak maksimal, biasanya di jam-jam ini akan terasa nyeri.

Sewaktu BAB, makanan yang dikonsumsinya tidak terolah, hingga fesesnya masih banyak mengandung bentuk-bentuk makanan yang dikonsumsinya.

15.00 - 17.00
KANDUNG KEMIH
Di jam-jam ini fungsi kandung kemih sedang maksimal. Makanya di rentang waktu ini banyak yang ingin BAK. Bila kandung kemihnya bermasalah, biasanya ditandai dengan sering BAK ataupun BAK-nya malah tidak terkontrol

17.00 - 19.00
GINJAL
Menurut pengobatan China, ginjal merupakan pusat dari semua organ tubuh. Pada kisaran waktu ini, nutrisi yang diproduksi sedang berkumpul di ginjal. Jadi, sebaiknya hindari makan pada kisaran waktu ini. Manfaatkan tenggang waktu ini untuk beristirahat/relaks, seperti duduk2, ngobrol bersama keluarga, dan sejenisnya agar ginjal dapat bekerja maksimal menyerap nutrisi yang ada. Hindari aktivitas yang melelahkan, seperti olah raga.

19.00 - 21.00
PERIKARDIUM
Rentang waktu ini merupakan jam piket perikardium/lapisan luar jantung, inilah waktu yang tepat untuk makan malam.

21.00 - 23.00
KELENJAR GETAH BENING (TIGA PEMANAS)
Nutrisi yang didapat dari makan malam dapat tersebar ke seluruh tubuh secara maksimal berkat kelenjar getah bening. Bermanfaat mengembalikan energi tubuh yang terbuang/terpakai setelah lelah bekerja di siang hari.

23.00 - 01.00
KANTUNG EMPEDU
Jam piket kantung empedu yang bertugas mengeluarkan cairan untuk pencernaan, Sebaiknya beristirahat di jam jam ini hingga kantung empedu dapat berfungsi maksimal dalam memproduksi cairan.

01.00 - 03.00
HATI
Di rentang waktu ini terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh secara maksimal. Tak heran kalau umumnya orang mengantuk pada jam-jam ini karena hati memang sedang membutuhkan banyak darah untuk menjalankan fungsinya. Bila ada gangguan fungsi hati, akan tercermin pada kotoran yang dibuang tubuh ataupun dalam bentuk gangguan mata.

03.00 - 05.00
PARUPARU
Di rentang waktu ini darah sudah kembali tersebar ke seluruh tubuh, sehingga saat bangun, tubuh terasa segar. Setelah bangun tidur dianjurkan melakukan olahraga agar fungsi paru-paru maksimal dengan tambahan oksigen yang di dapat melalui olahraga.

05.00 - 07.00
USUS BESAR
Biasakan untuk BAB secara teratur di saat jam piket usus besar

Nah guys.. kira2 seperti itu Jam-jam piket organ tubuh kita. Jujur aku juga masih sulit mengaplikasikannya, tapi marilah kita coba dari sekarang. Kita akan bisa karena terbiasa.. Dan ingat pepatah orang, Mensana incomporesano.. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat 😉 so guys.. keep healty keep beautyfully heheh 😜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here