♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Rabu, 23 Mei 2012

10 Robot Tercanggih Di Dunia


 Sore.... lagi pengen bahas robot nih. Robot, yang kita fikir kalo denger kata robot "itu loh, boneka yang bisa gerak2 sendiri, dan canggih, yang biasa ada kabel-kabelnya gitu, yang bisa nyala."
ya, ya, its true.. pemikiran yg tidak meleset. Dulu aku juga meskipun cewek, umur 4 tahun, waktu aku masih TK nol kecil, I like robot. aku punya robot malah.. bukannya dapet boneka, malah dapet robot. Hadiah ulang tahun umur berapaaa gitu. I think i forget for that moment. hehe.

Tapi, sebenarnya Robot is Mechanic equipment. Alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik seperti yang biasa dilakukan makhluk hidup atau manusia. Ada yang menggunakan pengawasan manusia, dan ada juga yang dengan mesin/tanpa pengawasan manusia atau memakai program tersendiri yang didefinisikan terlebih dahulu. Istilah Robot berasal dari Cheko "robota" yang berarti kuli atau pekerja yang tidak mengenal lelah dan bosan. Hmm.. mau deh jadi kayak robot, gak pernah kenal lelah..

Dibawah ini aku mau liatin sama kalian robot yang tercanggih di dunia, Ok! Cekidooot !!



 1. Asimo

Asimo berwujud seperti astronot dengan tinggi dan berat 130/54 cm. Asimo yang diciptakan oleh Honda Motor Co ini memiliki kemampuan untuk berjalan dan bahkan lari. Asimo memiliki sumber daya dari batrai ion ini mampu dikontrol oleh komputer nirkabel serta menerima perintah suara. Tidak seperti robot lainnya yang gerakannya terkesan kaku, Asimo dirancang memiliki gerakan yang halus, sehingga mampu difungsikan untuk berbagai pekerjaan.







2. Da Vinci Surgical System

 
  Robot ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1999. Robot ini telah mengubah wajah ruang operasi di banyak belahan dunia. Da Vinci dan teknologi EndoWrist telah membuat banyak dokter bedah yang semula harus berdiri di depan pasien untuk mengoperasi, kini hanya duduk di kursi nyaman dan hanya bekerja mengandalkan si Robot. Robot ini dilengkapi dengan instrumen mikro dan mampu menirukan gerakan tangan dan mengoperasi lebih cermat, bahkan bisa mengoperasi pasien yang kena kanker.






3. T-52 ENRYU

Sebuah Robot yang memiliki tinggi 3.3 meter ini diciptakan oleh Jepang untuk keperluan penyelamatan. ENRYU yang berarti naga diciptakan pertama kali pada tahun 2004 untuk mendampingi proses evakuasi korban gempa dan bencana yang terjadi di Jepang. Robot ini memiliki lengan yang mampu mengangkat benda hingga 500kg. Pada tahun 2007 , diciptakan versi yang lebih baru dari versi ini, yaitu T-53 untuk misi penyelamatan korban gempa di Nigata-Jepang.


4. Roomba 

Robot yang diproduksi oleh iROBOT ini mampu membersihkan rumah tanpa diperintah. Dijual dengan harga 200-500 dollar AS. Robot yang diperkirakan telah dipakai oleh 2 juta rumah di dunia ini mampu membersihkan perabot rumah, lantai, tangga, dan karpet. Setiap menyentuh barang dengan barang yang berbeda, robot ini akan menyesuaikannya sehingga tak merusak barang. iROBOT sendiri didirikan oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya "Geeks" dari Massachusets Institute of Technology (MIT)




5. Spirit dan Opportunity


Spirit dan Opportunity adalah proyek NASA untuk mengeksplorasi keberadaan air di dan kehidupan di Mars pada masa lalu. Setiap harinya, robot kembar ini menerima satu set instruksi yang berbeda. Telah menempuh jarak yang sangat jauh hingga kini Spirit dan Opportunity berhasil mengirimkan 132.000 gambar yang mampu meyakinkan para ilmuan bahwa adanya air di planet Mars.

















6. Audio Animatronics.


Jenis robot ini diproduksi pertama kali pada tahun 1963 dalam bentuk burung di Disneyland's Enchanted Tiki Room. Tahun selanjutnya jenis robot ini dipamerkan di New York world's fair. Robot ini dapat menirukan 57 gerakan.




7. Digesting Duck.

Digesting Duck ditemukan oleh Jacques de Vaucanson yang berkewarganegaraan Perancis pada tahun 1739. Robot ini mampu memesona orang-orang pada waktu itu dengan kemampuannya menirukan perilaku seekor bebek. Ia dapat makan, minum, mencerna makanan, bahkan buang air besar seperti layaknya bebek real. Meski ada beberapa kepalsuan seperti makanan yang masuk sebenanrnya di dorong ke bagian tertentu dalam robot sehingga kotoran palsu dapat keluar ke bagian lain, pembuatan robot ini tetap mempunyai efek yang besar. Si bebek pencerna ternyata telan mendorong revolusi industri tenun dengan penemuan alat tenun otomatis.




8. Elektro dan Sparko-Nya

Elektro adalah robot raksasa yang memesona publik di New York World's fair pada tahun 1939. Robot ini memiliki tinggi sekitar 7 kaki atai 2.1 meter , serta mampu berjalan, berbicara, menjawab pertanyaan dan bahkan merokok, kebiasaan yang modis pada waktu itu. Tentunya ada keterbatasan, ia hanya dapat mengenal 700 kata. Elektro punya teman seekor anjing yang juga robot, dapat menggonggong, meminta makan dan mengibas ekor, namun pastinya dengan sebuah perintah.






  9. Maillardet's Automaton.


Robot ini dapat menulis dan menggambar gambaran yang cukup kompleks. Dipamerkan di Institut Franklin di Philadelphia. Robot ini dibuat oleh mekanik dan pembuat jam dari Swiss bernama Henri Maillardet pada awal 1800-an. Robot ini mampu menuliskan puisi dalam 2 bahasa dengan memori yang sudah tersisipkan sebelumnya.






10. Unimate.

Diciptakan pada tahun 1961 oleh General Motor untuk memudahkan pekerjaan pabrik. Dua pembuat robot yang beratnya mencapai 1800 kg ini terinspirasi oleh salah satu film sains fiksi pada waktu itu. Penciptaan robot ini memicu debut pembuatan PUMA (Programmable Universal Machine for Assembly) pada tahun 1978 yang merupakan peralatan robot standart yang digunakan industri saat ini.




Naahhh.. udah pada tau kan robot yang tercanggih di dunia apa saja. Kalo robot yang bisa menghilangkan rasa galau atau membuat jatuh cinta ada gak ya? hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here