♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Rabu, 11 April 2012

K E R U P U K

Sianggg...
Hmm... lagi pada mau makan siang ya?
sebelum makan siang, mumpung lagi lumayan nyantai. Mau post dulu ahh sebentar soal makanan nih ! Khas Indonesia Banget!! :)

Ada yg gak tau ini makanan apa??
aku rasa yang gak tau gak pernah tinggal di indonesia nih!
ini namanya K E R U P U K.

Kerupuk adalah salah satu jenis makanan ringan yang biasanya dijadikan pelengkap untuk makan di indonesia.
Kerupuk terbuat dari adonan tepung tapioka, dicampur dengan perasa makanan seperti udang atau ikan.
Adonan tepung tapioka tersebut dikukus, lalu dipotong-potong, dan dijemur dibawah terik sinar matahari. Setelah kering, barulah diangkat, dan digoreng dengan minyak yang banyak.

Jenis kerupuk yang paling sering dijumpai adalah kerupuk ikan dan kerupuk udang. Kerupuk biasanya dijual dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk yang susah mengembang biasanya dijual sudah matang. tinggal menyantapnya saja, seperti kerupuk kulit, but I ussualy call it 'Dorokdok' entah kenapa dipanggil 'dorokdok'. haha
Kerupuk dorokdok ini dijual yang sudah tinggal santap saja, karena proses pembuatannya harus 2 kali penggorengan.

Sejarah kerupuk

Kerupuk konon diambil dari kisah nyata tentang keluarga miskin yang punya banyak anak. Sehingga untuk 'survive' mereka makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon diparut/diserut). Awal pembuatan sawut yaitu pertama-tama ketela pohon diparut kemudian diberi air. Setelah itu, parutan ketela pohon yang tercampur air diperas dan diambil sarinya, lalu diendapkan. Setelah mengendap, endapan tersebut dijemur dan dibuat tepung tapioka, dan dijadikan kerupuk. Bisa disebut juga dengan kerupuk samiler.

Jenis-Jenis kerupuk

Kerupuk Udang


Kerupuk Kulit



Kerupuk Kemplang



Kerupuk Kedelai


Kerupuk Mie Kuning

dan masih banyak jenis kerupuk lainnya yang ada hanya di Indonesia. Karna ini makanan asal Indonesia. Di luar negeri yang aku tau gak ada kerupuk, sampe-sampe artis kita yang namanya Olga Syahputra suka bawa kerupuk ke luar negeri, karna di luar negeri gak ada kerupuk. Biasanya ada orang yang tidak bisa makan kalo gak ada kerupuk. Well.. tapi aku gak begitu suka sama kerupuk, hehe Kalo misalnya ada yang tanya "kenapa ka, gak suka kerupuk?" Biasanya aku cuma jawab "bikin mulut berantakan." haha
Ada beberapa kerupuk yang aku suka kayak kerupuk yang bentuknya ikan, kerupuk kulit (dorokdok).

Jaman sekarang, kerupuk biasanya dibikin menjadi makanan khas lagi. Biasa disebut 'Seblak'. Anak remaja cewek biasanya yang mengagumi makanan ini. Rasanya yang terkenal pedas, membuat kita ketagihan untuk memakannya. Kalo aku biasanya bikin sendiri :)


Dari kerupuk inilah seblak dibuat. Terus biasanya aku tambahin bumbu-bumbu selera aku sendiri seperti :

1. Kencur
2. Bawang Putih
3. Bawang Merah
4. Garam
5. Vetsin
dan tentunya 1 bahan yang gak boleh ketinggalan, its..... Cabai rawit alias cengek. hehe


Ok! mungkin segini dulu aja post buat kerupuknya.. Kalo ada saran atau kritikan soal kerupuk, boleh di coment aja post ini.
Atau saran biar aku suka sama kerupuk, boleh juga tuh! ;)

Happy lunch all ..

1 komentar:

coment here