♥rkavkavianty♥

assalamu alaikum

Senin, 25 Juli 2011

Ramadhan dan Anak Remaja

Assalamu alaikum, remaja....
Alhamdulillah, engga kerasa ya bentar lagi udah mau mulai bulan puasa lagi..
Bulan Ramadhan yg ke 1432 H
perasaan baru kemaren deh Tahun Baru, koq udah bulan puasa lagi? hehe
ngomongin soal bulan puasa, apa aja sih kegiatan yang biasanya dilaksanain di Bulan Ramadhan ini? Chek This Out :
  • Puasa Ramadhan. Kegiatan ini sudah tentu wajib dilaksanakan untuk setiap umat beragama islam. Ketentuan puasa sudah ditentukan, yaitu dari sebelum terbit fajar (subuh bangettt) s/d terbenam matahari (magrib).
  • Sahur. Its time to 'supper'. Kalo menurut riset aku, anak2 muda skg katanya agak males kalo udah disuruh saur. tapi kegiatan ini wajib di bulan Ramadhan. kalo gak saur, gimana nanti sma puasanya? "Makan subuh-subuh?! aduh.. ga biasa.. masih kenyang sama makanan semalem.." Gak ada lagi kata kayak gini kalo kita punya beberapa tips biar pas saur itu gak males.. Dan biasanya ada anak2 muda atau bapak2 yang keliling komplek atau desa yang bangunin kita untuk sahur.. sahur, sahur, sahur....
  • Sanlat/Pasantren Kilat. Serangkaian kegiatan islami yang diperuntukan biasanya kepada anak2 remaja, anak sekolah SD, SMP, SMA, atau yang udah kuliah juga biasanya ada.
  • Ngabuburit. Kegiatan menunggu waktu buka puasa tiba. Banyak banget kegiatan yang bisa dilakuin pada saat nunggu sirine. Kita bisa kumpul sama temen-temen di masjid, ke supermarket beli minuman untuk nanti buka puasa, bantuin ortu di dapur yang lagi sibuk nyiapain buka puasa, atau online. Dari riset aku, kegiatan ini paling disukai oleh para remaja. aku juga emang paling suka sih. hehe
  • Bubar/Buka Bareng. Acara buka puasa yang diadakan bersama-sama. Entah itu sama temen sekolah, sesama organisasi, perkumpulan baru, atau kadang-kadang suka ada acara kayak pentas gitu, entarnya buka bersama.. seru lah kata anak-anak remaja sekarang.. :)
  • Shalat Tarawih. Kegiatan shalat sunnah berjama'ah yang dilaksanakan saat setelah shalat isya. Dari riset aq, cuma sekitar 12% yang suka sama kegiatan ini.
Mungkin cuma segitu riset dan post dari aku kali ini soal bulan Ramadhan yang bentar lagi mau kita lewati.. kita awali Bulan Ramadhan ini dengan hati yang bersih, mencoba memaafkan satu sama lain, saling intropeksi diri.. :)
Maafin aq juga yaa... awali Ramadhan ini dengan bassmalah... :)
Assalamu alaikum.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment here